VISIT SURABAYA 2010

TENTANG SURABAYA

“Jer Basuki Mawa Bea” merupakan kata-kata simbol Jawa Timur. Artinya, cita-cita hanya dapat dicapai dengan pengorbanan. Hal ini juga menjadi motto utama, khususnya masyarakat Surabaya, kota Pahlawan yang merupakan gambaran sejarah perjuangan melawan penjajah.
Surabaya merupakan pusat ekonomi dan administrasi Jawa Timur, dengan kegiatan bisnis dan pusat industri dan pelabuhan utama propinsi. Merupakan kota terbesar kedua dari Jakarta dan terpenting kota ini mempunyai populasi sekitar 3 juta jiwa. Dari pelabuhan Tanjung Perak feri secara regular menyeberangi selat, menuju pulau Madura, dan layanan penerbangan ke dan dari Bandara Juanda yang menghubungkan kota dengan Jakarta, Yogyakarta, Bali dan bagian lainnya di Indonesia.

Surabaya berlokasi di pantai Utara propinsi Jawa Timur, berbatasan disebelah Utara dan Timur dengan laut Jawa/Selat Madura, Barat dengan kabupaten Gresik, dan Sidoarjo disebelah Selatan. Topografinya rat-rata berada pada 3-6 m di atas permukaan laut, tapi disebelah Barat, dua bukit kecil dari Barat ke Timur mempunyai ketinggian 20-30 m diatas permukaan laut.

Suhu tropis mempunyai dua musim. Musim kemarau pada umumnya berada pada bulan Mei sampai Oktober, dan musim hujan dari bulan November hingga April. Hujan lebat biasanya terjadi antara bulan Desember dan Januari. Kecepatan angin normalnya dari 3 hingga 20 knots dan relatif tetap sepanjang tahun. Rata-rata curah hujan berkisar 1,321 mm, dan curah hujan tertinggi tiap bulannya sekitar 260 mm, biasanya pada bulan Januari. Suhu terendah biasanya pada bulan Pebruari sekitar 25.5 celcius dan suhu tertinggi sekitar 33.0 celcius pada Oktober. Rata-rata suhu mencapai 27.8 celcius.

Perdagangan komersial di Surabaya mempunyai peraturan yang penting untuk pengembangan Indonesia Timur, khususnya Jawa Timur. Aktivitas perdagangan utama meliputi area yang luas dari pelabuhan di Utara ke pusat kota dimana produk-produk tersebut diperdagangkan


OBJEK WISATA SURABAYA

MonKaSel

25 12 2008

180px-monumen_kapal_selam_surabaya

Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Kota Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda

Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya.

Sparkling Surabaya

25 12 2008 jembatan-kali-mas

Inilah slogan baru Surabaya: Sparkling Surabaya. Memang tepat slogan ini dicanangkan. Surabaya adalah binar-binar lampu.

Sparkling Surabaya sendiri baru didengungkan sejak tahun 2006. Pemerintah Kota Surabaya sendiri pun amat giat memasarkan slogan ini lewat berbagai media. Tak kurang tiga buah neon sign bertuliskan Sparkling Surabaya mencolok mata, di depan Kebun Binatang, di Gedung Walikotamadya dan di depan patung bambu runcing jalan Panglima Sudirman.

Lampu-lampu memang sepertinya tak pernah padam di Surabaya. Lesehan dengan makanan khas sego sambel yang pedas dengan berbagai lauknya, masyarakat yang hobby cangkruk lalu diakomodir dengan mulai maraknya cafe, dari yang level menengah hingga level atas, tempat pembelanjaan yang makin sumringah menjadikan Kota Pahlawan ini makin berbinar.

Taman BungkuL

7 12 2008

Taman Bungkul
Taman Bungkul

Nol kilometer, titik tengah dan pusat Kota Surabaya ada di Taman Bungkul. Dari situlah awal perhitungan jarak ke semua arah dari Surabaya.

Taman Bungkul berada di jalan protokol Kota Pahlawan Surabaya yakni Jalan Raya Darmo. Taman tersebut berada di areal seluas 900 meter persegi.

Di taman itu juga terdapat makam Mbah Bungkul, yang juga dikenal dengan sebutan Sunan Bungkul. Konon Beliau adalah mertua dari Sunan Ampel, salah satu sunan yang sembilan (wali songo). Banyak peziarah yang datang ke makam itu. Tidak sedikit pula rombongan dari daerah menyempatkan diri berkunjung sebagai pelengkap ziarah Wali Songo

Setelah direnovasi, taman itu dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amphitheaterjogging track, arena bermain anak-anak dan skate board play ground. berdiameter 33 meter,

Tugu Pahlawan

Selain itu, taman yang terdapat makam Mbah Bungkul tersebut, difasilitasi pula dengan akses internet nirkabel (Wi-Fi atau hotspot).

musiumpahlawan

25 12 2008

Tragedi pada tanggal 10 Nopember 1945 dalam episode sejarah yang lalu membuat Surabaya terkenal sebagai kota pahlawan. Itu merupakan salah satu alasan mengapa Tugu Pahlawan dibangun. Walaupun banyak patung-patung pahlawan di Surabaya, yang satu ini paling penting. Tugu Pahlawan berdiri di Taman Kebonrojo berseberangan dengan kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan pahlawan. Tugu Pahlawan bukanlah suatu benda seni atau mungkin dekorasi, bukan pula sesuatu yang istimewa, akan tetapi dirancang dengan arsitektur yang sederhana namun kokoh. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tangal 10 Nopember dimana pada tahun 1945 para pahlawan gugur dalam perang kemerdekaan.


Kya Kya Kembang Jepun: China Town di Surabaya

7 12 2008

Kya-Kya Kembang Jepun
Kya-Kya Kembang Jepun

Surabaya memang tidak seheboh dan se-maju kota Jakarta dengan gedung-gedung yang seakan-akan mencakar langit, namun Surabaya mempunyai daya tarik tersendiri dan tidak akan mengecewakan untuk dikunjungi.

Nama jalan Kembang Jepun, sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Surabaya. Jika anda berkunjung ke Surabaya, luangkan waktu berkunjung ke daerah Kembang Jepun, daerah yang populer sebagai Pecinan Surabaya.

Daerah ini kaya akan gedung-gedung kuno bertipe kolonial, dan bila malam telah tiba, disepanjang jalan Kembang Jepun dipenuhi cahaya lampu lampion dan makanan oriental berkhas Surabaya yang sangat lezat.

Kebun Binatang

7 12 2008

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setail No. 1 Surabaya, KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang.  Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, Pisces.

KBS merupakan tempat wisata yang menarik karena faktor letaknya yang berada di tengah-tengah kota Surabaya, diantara kesibukan kota metropolis ternyata masih dapat kita temukan tempat berbagai macam satwa yang sebagian besar biasanya hidup di alam bebas, hal ini dapat menjadi semacam tolak ukur bagi manusia untuk tetap menjaga keseimbangan alam dalam melestarikan satwa dan juga bagi anak-anak kecil mengunjungi KBS merupakan bagian pendidikan yang secara tidak langsung berguna untuk mengenal berbagai macam satwa yang ada supaya tertanam sejak dini perasaan mencintai seluruh alam dan isinya.  Selain itu, KBS merupakan taman satwa yang artinya tempat atau wadah dengan fungsi utama konservasi ex-situ yang melakukan usaha perawatan dan penangkaran berbagai jenis satwa dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk pengembangan IPTEK serta untuk sarana rekreasi alam yang sehat.

Sasaran akhir taman satwa ini adalah : memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, meningkatkan upaya kesejahteraan satwa, menciptakan kaitan antara konservasi ex-situ dengan in-situ, membentuk jaringan global antar taman satwa.   Program pendidikan dan penelitian di Kebun Binatang Surabaya melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan wahana keilmuan bagi masyarakat dan merupakan laboratorium hidup untuk lebih mencintai dan menghargai flora dan fauna sebagai kekayaan alam milik kita bersama.

Selama ini pada hari minggu atau hari-hari libur lainnya, KBS selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, kota, bahkan turis mancanegara.  Kalau dilihat sepintas perkembangan Kebun Binatang Surabaya sangat baik dan pantas untuk dibanggakan sebagai obyek wisata di Jawa Timur dan di Surabaya pada khususnya.

Mall-Mall di Surabaya

7 12 2008

Mall-Mall yang ada di Surabaya antara lain:

  • City of Tomorrow
  • Empire Palace
  • Golden City Mall
  • Jembatan Merah Plaza
  • Mal Galaxy
  • Pakuwon Trade Center
  • Plaza Marina
  • Plaza Surabaya (Delta Plaza)
  • Plaza Tunjungan
  • Supermal Pakuwon Indah
  • Surabaya Town Square

Hampir semua mall di atas ramai dikunjungi oleh orang-orang. Namun, yang paling ramai diantara mall-mall tersebut menurut saya adalah Mal Galaxy, Plaza Tunjungan, dan Pakuwon Trade Center. Ketiga mall tersebut sangat ramai dikunjungi apalagi di hari-hari weekend dan liburan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: